Kamis, 16 Juni 2016

Bijak Berkomunikasi



ETIKA BER-INTERNET
Oleh: Mayor (Sus) Michiko Sanra Moningkey
Jabatan : Kapustak AAU Yogya


Tulisan ini lahir sesaat setelah mengikuti kursus Strategi Komunikasi di Australia. Salah satunya membahas tentang media sosial di internet.
Sehingga tulisan ini sepertinya layak untuk disimak. Sebab tulisan ini menyediakan beberapa informasi penting bagi komunitas internet.
Populasi pengguna internet telah bertumbuh dengan sangat pesat. Walaupun demikian, kebanyakan pengguna internet masih sangat awam akan etika di dunia maya.
Pedoman dibawah ini dapat menjadi salah satu panduan yang mudah diterapkan. Sebab setiap individu wajib untuk mengetahui hal-hal apa saja yang pantas disiarkan.
Walaupun penyedia internet atau Internet Service Provider dibayarkan secara pribadi. Ataupun disediakan oleh universitas maupun dibayarkan oleh korporasi perusahaan. Namun kesemuanya memiliki aturan protokoler yang mengikat.
Pedoman ini menampilkan dua bagian komunikasi. Yakni One-to-One Communication dan One-to-Many Communication.
One-to-One Communication seperti surat elektronik ataupun percakapan (Yahoo Messenger). Adalah komunikasi dengan orang lain, sama seperti saat bertatap muka yakni percakapan.
Secara umum, aturan sopan-santun dalam berinteraksi dengan sesama manusia harus berlaku untuk situasi apapun. Dan di Internet hal ini pun dituntut dua kali lipat lebih penting. Misalnya, bahasa tubuh, dan nada suara harus dapat diterima dan dimengerti.
Jika menerima email, periksa dengan lebih teliti tentang kepemilikan surat elektronik. Selain menggunakan perangkat enkripsi (hardware atau software),  Anda harus mengasumsikan bahwa mail yang di Internet tidak aman.
Adalah baik untuk mengecek semua subjek email yang diterima, sebelum membalasnya. Sebab sebagian besar email yang masuk inbox adalah sampah.
Selain itu, surat elektronik pasti memiliki judul subyek yang mencerminkan isi pesan. Selalu pastikan setiap pesan yang ditanggapi memang ditujukan untuk anda pribadi.
Ingatlah pula, bahwa orang dengan siapa Anda berkomunikasi berada dibelahan dunia lain. Jika mengirim pesan, dimana dibutuhkan tanggapan segera.
Sadarilah, mungkin orang tersebut sedang tidur saat email datang. Berikan mereka waktu untuk datang ke kantor dan log-in. Sebelum berasumsi bahwa surat tidak sampai atau mereka tidak peduli.
Selanjutnya adalah penting untuk mencantumkan kata: panjang atau bentuk pdf di tajuk subyek. Sehingga penerima tahu, pesan itu saat dibaca akan memerlukan waktu. Lebih dari 100 baris, dianggap “lama”.
Demikian pula, penting untuk dicamkan. Penerima pesan adalah manusia yang berbudaya. Setiap orang memiliki cara pandang tersendiri terhadap humor.
Sehingga, ada jarkon-jarkon atau istilah-istilah yang tidak baik untuk disajikan. Berhati-hatilah dengan sarkastisme. Berhati-hatilah dengan kata-kata slank dan akronim-akronim.
Tentang hak cipta. Hormatilah hak cipta pada materi yang Anda reproduksi.Hampir setiap negara memiliki undang-undang hak cipta. Jika Anda meneruskan atau kembali memposkan pesan yang Anda terima, lakukan dengan tidak mengubah kata-kata.
Kemudian, tentang penggunaan huruf besar. Jika menggunakan huruf besar semua, hal ini akan mengartikan bahwa Anda sedang berada dalam kemarahan. Lebih baik tunggu semalaman sebelum mengirimkan tanggapan pesan emosional.
 Selain itu tentang tanda baca. Penggunaan simbol *....* artinya, itulah yang saya maksudkan. Tanda baca garis bawah, untuk menyatakan pentingnya. Sedangkan penggunaan tanda smiley J untuk mengindikasikan nada suara.
Khusus tanda smiley, gunakan dengan hemat. Jangan beranggapan bahwa dengan adanya tanda smiley akan membuat penerima bahagia dengan apa yang dikatakan. Tanda ini juga tidak akan menghapus komentar yang menghina.
Selanjutnya, jadilah singkat tanpa terlalu singkat. Saat membalas pesan editlah semua materi yang tidak relevan. Dan buatlah segalanya mudah bagi penerima.
Cantumkanlah kontak informasi dalam satu atau dua baris pada akhir pesan anda. Jika menyertakan tanda tangan, aturannya tidak lebih dari empat baris.
Jika dianggap bahwa email itu penting dan berharga, segeralah membalas secara singkat. Agar penerima tahu bahwa telah diterima. Walau mungkin akan kembali mengirimkannya lebih lanjut.
Biaya pengiriman email, biasanya dibayar oleh pengirim dan penerima ataupun oleh organisasi dimana mereka bekerja. Tidak seperti media yang lain seperti surat fisik, telpon, TV dan Radio.
Mengirimkan pesan kepada seseorang dapat juga mengenakkan biaya kepada penerima dengan cara tertentu. Seperti pengguna bandwidth jaringan. Inilah alasan ekonomi mendasar, mengapa iklan sangat tidak diminta dan dilarang dalam banyak konteks.
Selanjutnya tentang percakapan seperti yahoo messenger. Berbicara atau percakapan adalah seperangkat aturan yang memungkinkan dua orang, untuk memiliki dialog interaktif melalui komputer.
Sehingga, gunakanlah tanda baca yang tepat, seolah-olah sedang mengetik atau mengirim surat. Hindarilah untuk menganggap ukuran layar sama dengan orang lain.
Aturan yang praktis adalah menuliskan tidak lebih dari 70 karakter. Atau tidak lebih dari 12 baris (karena Anda menggunakan layar split).
Selalu mengucapkan kata perpisahan. Dan menunggu untuk melihat tanda perpisahan dari orang lain sebelum menutup sesi percakapan.
Ini sangat penting ketika berkomunikasi dengan seseorang yang sangat jauh. Ingatlah bahwa komunikasi Anda bergantung pada  bandwidth (ukuran pipa) dan latency (kecepatan cahaya). Bahwa baik surat maupun berita mengambil sumber daya sistem berbayar.
Perlu diingat pula bahwa bicara adalah juga sebentuk gangguan kepada orang lain. Sehingga digunakan sebagaimana mestinya. Dan jangan pernah bicara kepada orang asing yang tidak dikenal.
Selanjutnya, One-to-Many Communication, semua aturan juga sama berlaku. Kelebihannya hanyalah, hal ini menyinggung lebih banyak orang dalam berkomunikasi.
Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui audiens. Sebelum memposting apapun. Pertimbangkan sekali lagi bahwa ada khalayak yang lebih besar akan melihat postingan Anda.
Mungkin saja, suatu saat, pimpinan Anda akan ambil peduli dengan apa yang ditulis. Ingat juga bahwa tulisan atau newsgroup sering diarsipkan.
Dan bahwa kata-kata Anda mungkin disimpan untuk waktu yang sangat lama, ditempat dimana banyak orang dapat mengaksesnya.
Pesan dan artikel harus singkat dan to the point. Tidak melebar di luar topik dan jangan melantur.
Serta tidak mengirimkan pesan dengan niat untuk menunjukkan kesalahan orang lain. Ini menandakan ketidakdewasaan.
Terakhir mengenai iklan. Iklan disambut oleh beberapa orang dan newsgroup, namun dibenci oleh orang lain. Ini adalah contoh untuk mengetahui dengan pasti siapa audiens sebelum mem-posting sesuatu. Iklan yang tidak diminta dan benar-benar off-topic pasti akan mengandung protes.
Dan yang tidak kalah penting, jika menemukan diri Anda terlibat dalam perselisihan dengan satu orang. Buatlah tanggapan terhadap orang tersebut dan bukan kepada grup.
Jika sedang memperdebatkan topik dimana grup mungkin memiliki beberapa kepentingan, anda mungkin dapat meringkas bagi mereka nanti.
Jangan terprovokasi. Jika anda terjebak dalam sebuah argumen, jagalah diskusi tetap terfokus pada masalah. Daripada membicarakan kepribadian seseorang.
Demikianlah, ringkasan praktis tentang hal-hal apa saja yang dipedomani dalam berinternet. Sopan-santun dalam keseharian tercermin pula di dunia maya. ***Seluruh isi materi ini merupakan milik intelektual pribadi. Meniru dan menggandakan hal-hal yang dicantumkan dalam materi ini, diluar maupun tanpa seizin Penulis, merupakan pelanggaran hak intelektual dan dapat diproses  sesuai hukum yang berlaku. 

Tidak ada komentar: