ETIKA BER-INTERNET
Oleh: Mayor (Sus) Michiko Sanra Moningkey
Jabatan : Kapustak AAU Yogya
Tulisan ini lahir sesaat setelah mengikuti kursus Strategi
Komunikasi di Australia. Salah satunya membahas tentang media sosial di
internet.
Sehingga tulisan ini sepertinya layak untuk disimak.
Sebab tulisan ini menyediakan beberapa informasi penting bagi komunitas
internet.
Populasi pengguna internet telah bertumbuh dengan sangat
pesat. Walaupun demikian, kebanyakan pengguna internet masih sangat awam akan
etika di dunia maya.
Pedoman dibawah ini dapat menjadi salah satu panduan yang
mudah diterapkan. Sebab setiap individu wajib untuk mengetahui hal-hal apa saja
yang pantas disiarkan.
Walaupun penyedia internet atau Internet Service Provider dibayarkan secara pribadi. Ataupun disediakan
oleh universitas maupun dibayarkan oleh korporasi perusahaan. Namun kesemuanya
memiliki aturan protokoler yang mengikat.
Pedoman ini menampilkan dua bagian komunikasi. Yakni One-to-One Communication dan One-to-Many Communication.
One-to-One Communication
seperti surat elektronik ataupun percakapan (Yahoo Messenger). Adalah komunikasi dengan orang lain, sama seperti
saat bertatap muka yakni percakapan.
Secara umum, aturan sopan-santun dalam berinteraksi
dengan sesama manusia harus berlaku untuk situasi apapun. Dan di Internet hal ini
pun dituntut dua kali lipat lebih penting. Misalnya, bahasa tubuh, dan nada
suara harus dapat diterima dan dimengerti.
Jika menerima email, periksa dengan lebih teliti tentang
kepemilikan surat elektronik. Selain menggunakan perangkat enkripsi (hardware atau software), Anda harus mengasumsikan bahwa mail yang di
Internet tidak aman.
Adalah baik untuk mengecek semua subjek email yang
diterima, sebelum membalasnya. Sebab sebagian besar email yang masuk inbox adalah sampah.
Selain itu, surat elektronik pasti memiliki judul subyek
yang mencerminkan isi pesan. Selalu pastikan setiap pesan yang ditanggapi
memang ditujukan untuk anda pribadi.
Ingatlah pula, bahwa orang dengan siapa Anda
berkomunikasi berada dibelahan dunia lain. Jika mengirim pesan, dimana
dibutuhkan tanggapan segera.
Sadarilah, mungkin orang tersebut sedang tidur saat email
datang. Berikan mereka waktu untuk datang ke kantor dan log-in. Sebelum berasumsi bahwa surat tidak sampai atau mereka tidak
peduli.
Selanjutnya adalah penting untuk mencantumkan kata:
panjang atau bentuk pdf di tajuk subyek. Sehingga penerima tahu, pesan itu saat
dibaca akan memerlukan waktu. Lebih dari 100 baris, dianggap “lama”.
Demikian pula, penting untuk dicamkan. Penerima pesan
adalah manusia yang berbudaya. Setiap orang memiliki cara pandang tersendiri
terhadap humor.
Sehingga, ada jarkon-jarkon atau istilah-istilah yang
tidak baik untuk disajikan. Berhati-hatilah dengan sarkastisme. Berhati-hatilah
dengan kata-kata slank dan
akronim-akronim.
Tentang hak cipta. Hormatilah hak cipta pada materi yang
Anda reproduksi.Hampir setiap negara memiliki undang-undang hak cipta. Jika
Anda meneruskan atau kembali memposkan pesan yang Anda terima, lakukan dengan tidak
mengubah kata-kata.
Kemudian, tentang penggunaan huruf besar. Jika
menggunakan huruf besar semua, hal ini akan mengartikan bahwa Anda sedang
berada dalam kemarahan. Lebih baik tunggu semalaman sebelum mengirimkan
tanggapan pesan emosional.
Selain itu tentang
tanda baca. Penggunaan simbol *....* artinya, itulah yang saya maksudkan. Tanda
baca garis bawah, untuk menyatakan pentingnya. Sedangkan penggunaan tanda smiley J untuk mengindikasikan nada suara.
Khusus tanda smiley,
gunakan dengan hemat. Jangan beranggapan bahwa dengan adanya tanda smiley akan membuat penerima bahagia
dengan apa yang dikatakan. Tanda ini juga tidak akan menghapus komentar yang
menghina.
Selanjutnya, jadilah singkat tanpa terlalu singkat. Saat
membalas pesan editlah semua materi yang tidak relevan. Dan buatlah segalanya
mudah bagi penerima.
Cantumkanlah kontak informasi dalam satu atau dua baris
pada akhir pesan anda. Jika menyertakan tanda tangan, aturannya tidak lebih
dari empat baris.
Jika dianggap bahwa email itu penting dan berharga,
segeralah membalas secara singkat. Agar penerima tahu bahwa telah diterima.
Walau mungkin akan kembali mengirimkannya lebih lanjut.
Biaya pengiriman email, biasanya dibayar oleh pengirim
dan penerima ataupun oleh organisasi dimana mereka bekerja. Tidak seperti media
yang lain seperti surat fisik, telpon, TV dan Radio.
Mengirimkan pesan kepada seseorang dapat juga mengenakkan
biaya kepada penerima dengan cara tertentu. Seperti pengguna bandwidth jaringan. Inilah alasan
ekonomi mendasar, mengapa iklan sangat tidak diminta dan dilarang dalam banyak
konteks.
Selanjutnya tentang percakapan seperti yahoo messenger. Berbicara atau
percakapan adalah seperangkat aturan yang memungkinkan dua orang, untuk
memiliki dialog interaktif melalui komputer.
Sehingga, gunakanlah tanda baca yang tepat, seolah-olah
sedang mengetik atau mengirim surat. Hindarilah untuk menganggap ukuran layar
sama dengan orang lain.
Aturan yang praktis adalah menuliskan tidak lebih dari 70
karakter. Atau tidak lebih dari 12 baris (karena Anda menggunakan layar split).
Selalu mengucapkan kata perpisahan. Dan menunggu untuk
melihat tanda perpisahan dari orang lain sebelum menutup sesi percakapan.
Ini sangat penting ketika berkomunikasi dengan seseorang
yang sangat jauh. Ingatlah bahwa komunikasi Anda bergantung pada bandwidth
(ukuran pipa) dan latency (kecepatan
cahaya). Bahwa baik surat maupun berita mengambil sumber daya sistem berbayar.
Perlu diingat pula bahwa bicara adalah juga sebentuk
gangguan kepada orang lain. Sehingga digunakan sebagaimana mestinya. Dan jangan
pernah bicara kepada orang asing yang tidak dikenal.
Selanjutnya, One-to-Many
Communication, semua aturan juga sama berlaku. Kelebihannya hanyalah, hal
ini menyinggung lebih banyak orang dalam berkomunikasi.
Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui audiens. Sebelum memposting apapun. Pertimbangkan
sekali lagi bahwa ada khalayak yang lebih besar akan melihat postingan Anda.
Mungkin saja, suatu saat, pimpinan Anda akan ambil peduli
dengan apa yang ditulis. Ingat juga bahwa tulisan atau newsgroup sering diarsipkan.
Dan bahwa kata-kata Anda mungkin disimpan untuk waktu
yang sangat lama, ditempat dimana banyak orang dapat mengaksesnya.
Pesan dan artikel harus singkat dan to the point. Tidak melebar di luar topik dan jangan melantur.
Serta tidak mengirimkan pesan dengan niat untuk
menunjukkan kesalahan orang lain. Ini menandakan ketidakdewasaan.
Terakhir mengenai iklan. Iklan disambut oleh beberapa
orang dan newsgroup, namun dibenci
oleh orang lain. Ini adalah contoh untuk mengetahui dengan pasti siapa audiens sebelum mem-posting sesuatu. Iklan yang tidak diminta dan benar-benar off-topic pasti akan mengandung protes.
Dan yang tidak kalah penting, jika menemukan diri Anda
terlibat dalam perselisihan dengan satu orang. Buatlah tanggapan terhadap orang
tersebut dan bukan kepada grup.
Jika sedang memperdebatkan topik dimana grup mungkin
memiliki beberapa kepentingan, anda mungkin dapat meringkas bagi mereka nanti.
Jangan terprovokasi. Jika anda terjebak dalam sebuah
argumen, jagalah diskusi tetap terfokus pada masalah. Daripada membicarakan
kepribadian seseorang.
Demikianlah, ringkasan
praktis tentang hal-hal apa saja yang dipedomani dalam berinternet. Sopan-santun
dalam keseharian tercermin pula di dunia maya. ***Seluruh isi materi ini merupakan milik
intelektual pribadi. Meniru dan menggandakan hal-hal yang dicantumkan dalam
materi ini, diluar maupun tanpa seizin Penulis, merupakan pelanggaran hak
intelektual dan dapat diproses sesuai
hukum yang berlaku.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar